» Home » Tips Dan Cara »Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar

Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar


Sponsor

Iseng iseng flashback ke masa sekolah dulu, beberapa orang masih ada yang bingung tentang bagaimana Penulisan Daftar Pustaka yang Benar. Mungkin termasuk anda :) Berikut ini Admin ingin memberikan rangkuman yang mudah mudahan gampang dipahami dan dimengerti, bagaimana sih cara menulis daftar pustaka yang benar itu. Berikut adalah point poing penting yang wajib untuk di pelajari.

Panduan Penulisan Daftar Pustaka yang Benar
Ada beberapa hal yang harus di perhatikan apabila anda menggunakan referensi dari buku, beberapa data berikut yang wajib dicantumkan adalah nama penulis, tahun buku tersebut diterbitkan, judul buku, kota terbit dan juga penerbit karangan tersebut. Bagaimana cara menuliskannya yang benar? Berikut panduannya :
  • Nama Penulis diurutkan sesuai alfabetis dari A-Z, Nama pengarang yang ditulis lebih dahulu adalah nama belakang nya, namun apabila buku referensi bahasa asing maka sebaiknya nama depan yang ditulis terlebih dahulu.
  • Beri Tanda titik sebagai jeda kemudian tulis tahun buku diterbitkan
  • Selanjutnya beri tanda titik lagi dan disusul dengan Judul Buku (dicetak miring dan di cetak tebal, serta diberi garis bawah). 
  • Beri tanda titik lagi kemudian tulis kota tempat buku diterbitkan.
  • Beri titik dua dan tulis penerbit buku tersebut
  • Tambahan, Jika yang dipakai referensi kebetulan pengarangnya sama namun bukunya berbeda, anda dapat menuliskannya tepat dibawah nama penulis dan memberi garis panjang.
Cara penulisan sumber referensi dari buku

Penulisan nama untuk awal menggunakan Huruf Besar (Yang ditulis Nama belakang terlebih dahulu, kalau Bukan Indonesia sebaliknya Nama depan terlebih dahulu (Simak point panduan diatas). Setelah itu tulis tanda koma, kemudian dilanjutkan dengan nama depan. Kurung buka tulis tahun pembuatan atau penerbitan buku kurung tutup. dilanjut dengan titik lalu tuliskan Judul bukunya (ditulis dengan mengunakan huruf miring setelah judul gunakan (tanda titik). Kemudian tuliskan tempat diterbitkan, Disusul dengan tanda titik dua.lalu Penerbit buku tersebut diakhiri dengan (tanda titik).
contoh penulisan
· Peranginangin, Kasiman (2006). Aplikasi Web dengan PHP dan MySql. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset. · Soekirno, Harimurti ( 2005). Cara Mudah Menginstall Web Server Berbasis Windows Server 2003. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Cara penulisan sumber referensi dari Internet
Apabila referensi diambil dari Internet
  • Tulis nama, Lalu cantumkan (tahun buku atau tahun tulisan yg dibuat dalam tanda kurung) disusul dengan tanda titik. Kemudian tulis judul buku/judul sumber disusul dengan tanda titik. Lalu tulis alamat websitenya gunakan kata (from) untuk awal judul web dll setelah itu beri tanda koma,  Selanjutnya tulis tanggal pengambilan data tersebut.
contoh penulisan :
· Albarda (2004). Strategi Implementasi TI untuk Tata Kelola Organisasi (IT Governance). From http://rachdian.com/index2.php?option=com_docman&task=doc_view&gid=27&Itemid=30, 3 August 2008
Cara penulisan sumber referensi dari Buku satu/dua orang penulis dalam buku yang sama.
  • Tulis nama belakang penulis beri tanda koma diikutin nama depan. Apabila nama depan berupa singkatan tulis saja singkatan itu setelah nama pertama. Sedang kan nama penulis kedua atau ketiga tidak dirubah. Setelah penulisan nama kedua selesai, nah jika tiga penulis gunakan tanda dan (&) pada sebelum nama terakhir. Lalu tuliskan Tahun pembuatan atau cetakan buku tersebut dengan diawali [tanda kurung buka dan kurung tutup/ (  )] setelah itu beri (tanda titik). Disusul dengan Judul buku atau karangan setelah itu beri (tanda koma) dan ditulis dengan huruf miring. Tuliskan tempat penerbitan/cetakan setelah itu beri tanda titik dua baru disusul dengan nama perusahaan penerbit buku atau tulisan tersebut dan diakhiri (tanda titik). Catatan Untuk gelar akademik tidak ditulis dalam penulisan daftar pustaka.
contoh penulisan :
. Suteja, B.R., Sarapung, J.A, & Handaya, W.B.T. (2008). Memasuki Dunia E-Learning, Bandung: Penerbit Informatika.
· Whitten, J.L.,Bentley, L.D., Dittman, K.C. (2004). Systems Analysis and Design Methods. Indianapolis: McGraw-Hill Education.

Cara Penulisan daftar pustaka Dengan Banyak Pengarang/Penulis
  • Apabila dalam daftar pustaka memiliki banyak nama pengarang maka, Hanya nama pengarang pertama yang dicantumkan dengan susunan terbalik, Untuk mengganti nama-nama pengarang lainnya gunakan singkatan et al yang artinya dan lain-lain.
contoh penulisan :
. Morris, Alton C., et al. College English, the Firts Year. New York: Harcourt, Brace&World.Inc., 1964. 

Cara Penulisan daftar pustaka Untuk Buku hasil terjemahan
  • Apabila sumber buku diambil dari buku hasil terjemahan maka Nama pengarang asli yang diurutkan dalam urutan alfabetis, Keterangan tentang penerjemah ditempatkan sesudah judul buku, dipisah dengan tanda koma
contoh penulisan :
. Multatuli. Max Havelaar, atau lelang Kopi Persekutuan Dagang Belanda, Terj. H.B Jasin, Jakarta: Djambatan, 1972
Baca tips dan cara lainnya hanya di prafangga.blogspot.com
Sponsor