» Home » »Makanan Kambing Etawa

Makanan Kambing Etawa


Sponsor

Kambing etawa merupakan kambing yang berjenis Rumaninsia. Maksudnya ialah, kambing etawa ini mampu menghasilkan berbagai zat gizi yang diperlukan dengan melalui proses ruminansi yang terjadi dalam tubuhnya. Pemberian makanan terhadap kambing etawa harus dilakukan dengan teliti, hal ini bertujuan untuk memenuhi zat gizi yang diperlukan oleh tubuh kambing. Pemberian zat protein yang berlebih juga tidak baik untuk kambing etawa, karena protein juga merupakan zat yang mudah terfermentasi oleh mikroba serta proses ruminansi. Adapun pemberian makanan yang baik untuk kambing etawa antara lain ialah:

  1. Bahan Baku Zat pakan kambing etawa yang dibutuhkan dibagi menjadi dua sumber, yaitu sumber protein serta sumber energi. Adapun sumber protein bisa diperoleh dari bahan-bahan makanan seperti misalnya ampas tahu, tepung bungkil kedelai, biji kapas, ampas kecap, serta berbagai tepung yang merupakan hasil olahan dari hewan seperti misalnya tepung ikan. Sedangkan sumber energi bisa diperoleh dari berbagai macam makanan seperti biji-bijian ataupun sisa serealia misalnya dadak padi dan tepung jagung, rerumputan, dan umbi-umbian seperti onggok, tepung singkong, dan ubi jalar. 
  2. Vitamin dan mineral Pemberian vitamin cukup dilakukan sekali yang berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan kambing etawa. Adapun sumber vitamin ini berasal dari garam dapur, zeolite, serta tepung yang memiliki dosis dibawah 5 per ml untuk 1 kg berat badan kambing. 
  3. Pemberian konsentrat Pemberian konsentrat ini hendaknya diberikan setelah kambing mengonsumsi banyak makanan hijau. Namun jangan memberikan sampai kambing kekenyangan. Karena dapat menyebabkan kontra produkrif pada proses ruminansi Adapun konsentrat untuk kambing etawa ini bisa dibuat dari bahan-bahan yang berasal dari bungkil kelapa, bungkil kedelai, bekatul, atau bisa juga berasal dari campuran beberapa konsentrat. Campuran konsentrat ini misalnya ampas tahu sebanyak 20 %, bekatul sebanyak 62%, bungkil kedelai sebanyak 15%, tepung tulang 2%, dan garam dapur sebanyak 1%. Konsentrat yang diberikan untuk kambing etawa harus berbentuk bubur dengan jumlah pemberian kurang lebih sekitar 0,5 sampai 0,6 kg setiap ekor. Pemberian konsentrat untuk kambing etawa juga harus habis dalam sekali makan, hal ini dilakukan untuk menghindari datangnya jamur.
  4. Air Pemberian air untuk kambing etawa sebanyak 70% dari isi tubuh kmbing atau sebanyak 1,5 sampai 2,5 liter setiap harinya untuk setiap ekor kambing. Apabila air diberikan kurang dari 20% dapat menimbulkn dehidrasi. 
  5. Urea Molasses Block (UMB) UMB merupakan makanan yang dapat berfungsi untuk meningkatkan berat badan kambing UMB termasuk makanan tambahan non protein nitrogen yang terdiri dari dedak padi , molasses, bungkil kedelai, tepung tapioca, tepung tulang, garam dapur, dan kapur. Pemberian dilakukan 4 gr/kg berat kambing setiap hari. 
 Baca juga artikel tentang susu kambing etawa. Terimakasih telah berkunjung sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.
Sponsor