» Home » »Kandang Kambing Etawa

Kandang Kambing Etawa


Sponsor

Kambing etawa merupakan kambing yang memiliki kelebihan tersendiri apabila dibandingkan dengan kambing-kambing yang lainnya. Kambing etawa memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki kambing yang lainnya. Kambing jenis ini mampu menghasilkan susu yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Selain itu, susu yang dihasilkan oleh kambing etawa juga dapat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu, perawatan kambing etawa pun harus dilakukan dengan khusus. Salah satunya ialah menjaga kondisi kandang kambing etawa. penbuatan kambing etawa seharusnya dapat memenuhi 3 syarat. Syarat tersebut antara lain ialah:
  1. Kandang kambing juga harusnya dibuat dengan konsep yang dapat mempermudah aktivitas sehari-hari kambing, seperti misalnya tidur, makan, minum, kencing, serta buang kotoran
  2. Kandang kambing hendaknya dibuat sedemikian rupa agar dapat melindungi kambing dari serangan hewan pemangsa. 
  3. Terakhir, seharusnya kandang kambing etawa dibuat sebisa mungkin agar dapat mempermudah peternak dalam merawat serat mengawasi kambing-kambing etawa. Selain memiliki beberapa syarat khusus yang wajib dipenuhi, pembuatan kandang kambing hendaknya juga memerhatikan sanitasi yang memenuhi standart yang telah ditentukan.
Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya susu kambing etawa yang dihasilkan tidak terkontaminasi oleh berbagai macam bakteri yang berbahaya. Bakteri-bakteri jahat ini, bisa mempengaruhi kualitas susu kambing etawa yang dihasilkan. Pembuatan sanitasi yang mampu memenuhi standart yang telah ditentukan, dapat membuat susu kambing yang dihasilkan oleh kambing etawa dapat memberikan manfaat secara maksimal. Adapun syarat-syarat sanitasi kandang kambing etawa ini antara lain ialah:
  1. Kandang kambing etawa seharusnya dibanguan dengan bentuk panggun. Kandang hendaknya dibangun dengan jarak 1 meter di atas permukaan tanah. Dengan pembangunan kandang berbentuk panggung ini, diharapkan segala bentuk bakteri yang berbahaya yang berasal dari kotoran tidak akan menyerang kambing etwa yangberada di dalam kandang. 
  2. Setelah kandang panggung berdiri, Anda juga harus membuat saluran air dan saluran pembuangan kotoran. Adapun letak penampungan hendaknya berjarak kurang lebih sekitar dua puluh meter dari kandang yang telah didirikan. 
  3. Yang terakhir ialah, bagi Anda peternak kambing etawa, harus rutin membersihkan kandang setiap harinya. Pembersihan kandang hendaknya dilakukan dua kali dalam satu hari, yaitu setiap pagi dan sore hari. Dengan pembuatan kandang kambing etawa yang memenuhi standart, serta perawatan kambing yang maksimal, diharapkan akan menghasilkan susu kambing etawa yang benar-benar berkualitas. 
Susu kambing ini nantinya akan memberikan berbagai manfaat bagi siapa pun yang mengonsumsinya. Sekian ulasan singkat mengenai syarat-syarat pembuatan serta perawatan kandang kambing etawa. dengan pembuatan dan perawatan kandang yang benar, akan menghasilkan susu yang berkualitas pula. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk Anda.
Sponsor