» Home » Sekilas Info »Macam Macam Tarian Tradisional Di Indonesia - Tarian Adat

Macam Macam Tarian Tradisional Di Indonesia - Tarian Adat


Sponsor

Macam Macam Tarian Tradisional Di Indonesia - Tarian Adat. Kali ini Admin merangkum berbagai macam tarian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Macam-Macam Tarian Tradisional di Indonesia ini Admin tulis sebagai informasi kepada teman teman agar lebih mengenal, menghargai dan membanggakan kebudayaan Indonesia khususnya tarian tradisional.

Indonesia merupakan Bangsa yang kaya akan kebudayaan, salah satunya tari seudati hayo tebak dari mana? Ya benar tari seudati berasal dari Daerah Istimewa Aceh. Selain Seudati juga ada tari kecak, kalau ini pastinya sudah pada tau dong, ya Tari kecak berasal dari bali. Ok langsung saja kita kupas tuntas dibawah ini Macam Macam Tarian Adat Di Indonesia :

Tari Tradisional Daerah Istimewa Aceh
Tari Seudati
Tari Seudat sendiri berasal dari Arab, dengan latar belakang agama Islam. Seudati sendiri berasal dari kata Syahadat, yang memiliki arti bersaksi/pengakuan Tiada Tuhan selain Allah, dan Nabi Muhammad utusan Allah. Itulah asal usul kata tari Seudati. Tari Seudati merupakan tarian tradisional yang dinamis penuh keseimbangan dengan suasana keagamaan. Tari Seudat tergolong kedalam tarian perang, terlihat dari syairnya yang menyerukan atau membangkitkan semangat pemuda Aceh untuk melawan penjajah, oleh sebab itu tari Seudati pernah dilarang pada jaman penjajahan belanda. Namun sekarang Tari Seudat telah menjadi tarian nasional.

Video Tari Seudati :



Tari Saman
Tari Saman adalah sebuah tarian suku Gayo (Gayo Lues) yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Tari Saman Meuseukat, di lakukan dalam posisi duduk berbanjar dengan irama yang dinamis. Berdasarkan infrmasi berbagai literatur menyebutkan tari Saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman. Karena kedinamisan geraknya, tarian ini banyak ditarikan oleh kaum pria, tetapi perkembangan sekarang tarian ini sudah banyak ditarikan oleh penari wanita maupun campuran antara penari pria dan penari wanita. Tarian ini ditarikan kurang lebih 10 orang, dengan rincian 8 penari dan 2 orang sebagai pemberi aba-aba sambil bernyanyi. Referensi lengkap tentang tari saman dapat dibaca di google doc.

Video Tari Saman :


Macam Macam Tarian Tradisional Di Indonesia Bagian 2 - Tarian Adat
Sponsor